Dikunjungi Jokowi [Mendadak], Warga Kepulauan Seribu Kaget

Dikunjungi Jokowi, Warga Kepulauan Seribu Kaget

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini, Minggu (23/12/2012), untuk kali pertama mengunjungi pulau di seberang wilayah Jakarta, yakni Kepulauan Seribu. Selain tidak diketahui oleh wartawan, kunjungan dadakannya ke Kepulauan Seribu bersama istrinya, Iriana Widodo, pun tidak diketahui oleh Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi.

Saat wartawan mencoba mengonfirmasi Achmad Ludfi, ia mengatakan kedatangan Jokowi dan istrinya sangat mendadak sehingga membuat warga kaget. "Beliau datang mendadak, saya sendiri enggak tahu, Mbak," kata Ludfi saat dihubungi wartawan.

Ia mengatakan, saat di Kepulauan Seribu, Jokowi sempat mengunjungi beberapa wilayah kabupaten, menemui masyarakat, dan inspeksi dermaga. Namun, Ludfi enggan menceritakan lebih jauh terkait maksud dan tujuan Jokowi ke Kepulauan Seribu. Ia hanya mengatakan, Jokowi menginginkan supaya Ludfi dapat menggerakkan dan menjaga warganya agar selalu tercipta suasana kondusif.

"Intinya, beliau mengumpulkan masyarakat, lalu beliau menyampaikan apa saja dan menanyakan keluhan warga. Bapak berpesan supaya dapat menjaga wilayah ini lebih kondusif dan wisata menjadi lebih berkembang," kata Ludfi.

Sementara itu, terkait isu yang berkembang bahwa warga Kepulauan Seribu masih terkotak-kotakkan dan masih termarjinalkan antara pendukung Jokowi-Basuki dan pendukung Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Ludfi membantahnya. Menurut dia, seluruh warga Kepulauan Seribu saat ini sudah mendukung kinerja Jokowi-Basuki.

"Ah enggak ada. Semua mendukung Pak Gubernur. Tadi saja, saya ngos-ngosan ngejagain Pak Gubernur dan warga saya. Semuanya berebutan ingin ketemu Pak Gubernur," kata Ludfi.

Sampai pukul 12.00 WIB, kata Ludfi, Jokowi bersama istrinya sudah kembali ke Jakarta dan hanya mengunjungi sekitar dua jam sejak sekitar pukul 09.00 WIB. Menurut rencana, agenda selanjutnya pada Rabu (26/12/2012) mendatang, Pemerintah Kepulauan Seribu mendapat undangan dari Pemerintah Provinsi DKI. Namun, masih belum diketahui, apakah Jokowi yang akan kembali mengunjungi warga Kepulauan Seribu atau Pemerintah Kepulauan Seribu yang menyambangi Balaikota Jakarta.

Kunjungan Gubernur DKI ke Kepulauan Seribu terbilang unik karena merupakan kunjungan kali pertama Jokowi ke daerah itu. Saat Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, pasangan Jokowi-Basuki harus mengakui keunggulan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli yang meraih suara mayoritas di Kepulauan Seribu.


0 komentar

 
© US20
perpared byrznmi
Back to top