Gedung Tertinggi di Indonesia

Tahukah anda gedung tertinggi di Indonesia? Gedung tertinggi di Indonesia adalah wisma 46 atau BNI 46, sebuah komplek perkantoran yang memiliki 46 lantai (+2 untuk parkir) yang memliki tinggi 262 meter hinggi ujung menara yang terletak di komplek Kota BNI di Jakarta Pusat, Indonesia. Menara perkantoran bertingkat 46 ini selesai tahun 1996 yang dirancang oleh Zeidler Roberts Partnership (Zeidler Partnership Architects) dan DP Architects Private Ltd.



Menara ini terletak di sebuah tanah seluas 15 hektar di pusat kota. Memiliki luas 140,028 m².
Menara ini berisi 23 elevator yang dapat mencapai kecepatan 360 mpm (meter per menit) dalam model berkecepatan super tinggi.
Wisma 46 adalah bangunan tertinggi ke-147 di dunia bila dihitung hingga puncak. Juga bangunan tertinggi kedua di belahan Bumi selatan. Bila dihitung hingga ke atap, menara ini setinggi 228 m dan bila dihitung hingga atap terendah, tingginya hanya 200 m.
Sebuah menara beton kubus setinggi 200 m sebelum sebuah menara kaca masuk dan membentuk puncak yang melengkung. Menara kaca ini terdiri dari eksterior kaca seluruhnya dengan jendela persegi. Pola jendela persegi ini dilintasi oleh tiga jendela persegi panjang. Desain bangunan ini digambarkan sebagai modern.
Menara ini mempunyai 48 tingkat di atas tanah yang hanya berisi perkantoran. Terdapat dua tingkat bawah tanah yang digunakan sebagai tempat parkir. Lantai 1 dan 2 diisi oleh bank, kafe, dan resto, seperti Starbucks Coffee dan Dunkin' Donuts. Selain Tugu Monas, gedung ini juga menjadi ikon kota Jakarta karena bentuknya yang unik seperti pena.


BNI 46
BNI 46

0 komentar

 
© US20
perpared byrznmi
Back to top